AGUSTIN, IRMA YANI (2025) PEMANFAATAN MADING SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
IRMA YANI AGUSTIN_2111240018.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berkenaan dengan pemanfaatan majalah dinding (mading) sebagai program literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan mading sebagai program literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Pemanfaatan mading sangatlah perlu sebagai sarana komunikasi dan informasi di sekolah. Selain menyampaikan pengumuman dan jadwal kegiatan, mading juga menjadi media kreatif bagi siswa untuk menyampaikan ide. Dengan pengelolaan yang baik, Mading dapat meningkatkan partisipasi dan kebersamaan dalam lingkungan tersebut. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data, observasi, kemudian melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang akurat, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpilan. Subjek penelitian adalah guru, atau pihak sekolah yang terlibat dalam program literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan mading sebagai media literasi memberikan dampak positif terhadap minat baca siswa. Mading yang menarik, informatif, dan interaktif mampu meningkatkan ketertarikan siswa terhadap bahan bacaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mading merupakan media yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, sekolah sebaiknya terus mengembangkan program literasi berbasis mading guna menciptakan budaya membaca yang lebih baik di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mading, Literasi Sekolah, Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year