PEMANFAATAN MADING SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

AGUSTIN, IRMA YANI (2025) PEMANFAATAN MADING SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Skripsi)
IRMA YANI AGUSTIN_2111240018.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan pemanfaatan majalah dinding (mading) sebagai program literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan mading sebagai program literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Pemanfaatan mading sangatlah perlu sebagai sarana komunikasi dan informasi di sekolah. Selain menyampaikan pengumuman dan jadwal kegiatan, mading juga menjadi media kreatif bagi siswa untuk menyampaikan ide. Dengan pengelolaan yang baik, Mading dapat meningkatkan partisipasi dan kebersamaan dalam lingkungan tersebut. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data, observasi, kemudian melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang akurat, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpilan. Subjek penelitian adalah guru, atau pihak sekolah yang terlibat dalam program literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan mading sebagai media literasi memberikan dampak positif terhadap minat baca siswa. Mading yang menarik, informatif, dan interaktif mampu meningkatkan ketertarikan siswa terhadap bahan bacaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mading merupakan media yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, sekolah sebaiknya terus mengembangkan program literasi berbasis mading guna menciptakan budaya membaca yang lebih baik di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurhadi, Nurhadi196802142006041001UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian198910292023211022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mading, Literasi Sekolah, Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:10
Last Modified: 17 Sep 2025 02:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year