PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA SOSIAL (MONAS) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANGELICA, LAURA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA SOSIAL (MONAS) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text (Skripsi)
LAURA ANGELICA_2111280017.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dan antusias pada saat pembelajaran. Kurangnya penggunaan media pembelajaran juga menjadi penyebab dari kurangnya pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan merancang media pembelajaran monopoli aritmatika sosial yang berbasis kontekstual, yang dapat digunakan untuk mengajar siswa pada materi aritmatika sosial, untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontestual. Pada pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu. Pada saat pengembangan media peneliti mendesain media pembelajaran monopoli menggunakan bantuan aplikasi canva. Instrumen yang digunakan untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah menggunakan instrumen tes yang sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Validator yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial ini adalah validasi ahli media, ahli materi dan ahli instrumen soal dengan hasil 93,88% dan 89,445 yang termasuk kedalam katagori sangat valid dan layak untuk di uji coba kan. Hasil dari pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontekstual ini adalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan perolehan nilai hasil N Gain kelas ekperimen 80,99% lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 53,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika Sosial, Kontekstual, KemapuanPemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:21
Last Modified: 17 Sep 2025 02:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year