ANGELICA, LAURA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA SOSIAL (MONAS) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (942kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LAURA ANGELICA_2111280017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dan antusias pada saat pembelajaran. Kurangnya penggunaan media pembelajaran juga menjadi penyebab dari kurangnya pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan merancang media pembelajaran monopoli aritmatika sosial yang berbasis kontekstual, yang dapat digunakan untuk mengajar siswa pada materi aritmatika sosial, untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontestual. Pada pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu. Pada saat pengembangan media peneliti mendesain media pembelajaran monopoli menggunakan bantuan aplikasi canva. Instrumen yang digunakan untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah menggunakan instrumen tes yang sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Validator yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial ini adalah validasi ahli media, ahli materi dan ahli instrumen soal dengan hasil 93,88% dan 89,445 yang termasuk kedalam katagori sangat valid dan layak untuk di uji coba kan. Hasil dari pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontekstual ini adalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan perolehan nilai hasil N Gain kelas ekperimen 80,99% lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 53,88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika Sosial, Kontekstual, KemapuanPemahaman Konsep Matematis Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year