ASRY NURMA, NINGSI (2025) NILAI – NILAI PENDIDIKAN PADA KITAB SAFINATUN NAJAH DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (452kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (580kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (213kB) |
|
|
Text (Skripsi)
ASRY NURMA NINGSI_2111210083.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalah ini diangkat peneliti karena untuk mengungkap dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kitab Safinatun Najah di Ma'had Al-Jami'ah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengidentifikasi nilainilai pendidikaan terkandung pada Kitab Safinatuna Najah, 2) Untuk mengidentifikasi metode yang digunakan, 3) Untuk menganalisis faktor yang menjadi pendukung maupun hambatan dalam proses pembelajaran Kitab Safinatun Najah. Jenis metode penelitian ini mempergunakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data yang dipergunakan peneliti diantara Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, penarik kesimpulan / verifikasi data. Teknik pengambilan data dijalankan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik Pengecekan Keabasahan Data kualitatif dijalankan dengan cara Uji Kredibilitas Tahap-Tahap yang dilakukan penelitian di antaranya Tahap: Pra Lapangan, Lapangan, Analisis Data, serta Penulisan Laporan. Berdasarkan hasil penelitian di Ma8had Al-Jami8ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu meliputi diantaranya: 1) Nilai3nilai pendidikan pada pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu: a. Nilai Religius, b. Nilai Kedisplinan dan c. Nilai bertanggung jawab, 2) Sistem pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu a. Sumber Bahan Ajar, b. Guru pengajar Kitab Safinatun Najah, c. Mahasantri Yang Belajar, d. Waktu Belajar Kitab Safinatun Najah, e. Strategi Pembelajaran Pembelajaran Kitab Safinatun Najah, f. Metode Pembelajaran Kitab Safinatun Najah, g. Evaluasi dan Hasil Pembelajaran Kitab Safinatun Najah. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu a. Faktor pendukung diantaranya : 1) Pemahaman Bahasa Arab, 2) Minat Belajar Mahasantri, 3) Relevans Kitab di Kehidupan Sehari-hari, 4) Dukungan UstadUstadzah, 5) Sarana dan Prasarana. Sedangkan Faktor Penghambat diantaranya : 1) Keberagaman Latar belakang Mahasantri, 2) Keterbatasan Waktu
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan, Pembelajaran, Kitab Safinatun Najah | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:31 | ||||||||||||
| Last Modified: | 22 Sep 2025 04:31 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics