NILAI – NILAI PENDIDIKAN PADA KITAB SAFINATUN NAJAH DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ASRY NURMA, NINGSI (2025) NILAI – NILAI PENDIDIKAN PADA KITAB SAFINATUN NAJAH DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Skripsi)
ASRY NURMA NINGSI_2111210083.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalah ini diangkat peneliti karena untuk mengungkap dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kitab Safinatun Najah di Ma'had Al-Jami'ah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengidentifikasi nilainilai pendidikaan terkandung pada Kitab Safinatuna Najah, 2) Untuk mengidentifikasi metode yang digunakan, 3) Untuk menganalisis faktor yang menjadi pendukung maupun hambatan dalam proses pembelajaran Kitab Safinatun Najah. Jenis metode penelitian ini mempergunakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data yang dipergunakan peneliti diantara Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, penarik kesimpulan / verifikasi data. Teknik pengambilan data dijalankan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik Pengecekan Keabasahan Data kualitatif dijalankan dengan cara Uji Kredibilitas Tahap-Tahap yang dilakukan penelitian di antaranya Tahap: Pra Lapangan, Lapangan, Analisis Data, serta Penulisan Laporan. Berdasarkan hasil penelitian di Ma8had Al-Jami8ah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu meliputi diantaranya: 1) Nilai3nilai pendidikan pada pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu: a. Nilai Religius, b. Nilai Kedisplinan dan c. Nilai bertanggung jawab, 2) Sistem pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu a. Sumber Bahan Ajar, b. Guru pengajar Kitab Safinatun Najah, c. Mahasantri Yang Belajar, d. Waktu Belajar Kitab Safinatun Najah, e. Strategi Pembelajaran Pembelajaran Kitab Safinatun Najah, f. Metode Pembelajaran Kitab Safinatun Najah, g. Evaluasi dan Hasil Pembelajaran Kitab Safinatun Najah. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Safinatun Najah diantaranya yaitu a. Faktor pendukung diantaranya : 1) Pemahaman Bahasa Arab, 2) Minat Belajar Mahasantri, 3) Relevans Kitab di Kehidupan Sehari-hari, 4) Dukungan UstadUstadzah, 5) Sarana dan Prasarana. Sedangkan Faktor Penghambat diantaranya : 1) Keberagaman Latar belakang Mahasantri, 2) Keterbatasan Waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin19660651997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian198910292023211022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Pembelajaran, Kitab Safinatun Najah
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:31
Last Modified: 22 Sep 2025 04:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year