PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TERAS TPQ DAARUL ARMINA SUKARAMI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MELATI, RIMA (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TERAS TPQ DAARUL ARMINA SUKARAMI KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text (Skripsi)
RIMA MELATI_211210146.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang diartikan umumnya memprakarsi produk atas orang-orang yang mewariskan pola perilaku tertentu. Pembahasan mengenai pendidikan tidak lepas dari 6 unsur pokok yakni tujuan, pendidik atau pengajar, murid, materi/kurikulum, metode dan penilaian pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bernyanyi terhadap penanaman nilai pendidikan agama Islam di teras TPQ Daarul Armina sukarami Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah santri TPQ Daarul Armina sukarami Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan peneliti maka disimpulkan bahwa besar pengaruh metode Bernyanyi terhadap penanaman nilai pendidikan agama Islam di teras TPQ Daarul Armina sukarami Kota Bengkulu dilihat dari nilai regresi variabel (X) sebesar 0,615 artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan X mengalami kenaikan, (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,615. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji prasyarat seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas data ini sudah memenuhi syarat. Data telah terdistribusi secara normal, data telah memenuhi syarat homogenitas dan juga linieritas. Dari hasil uji hipotesis makadidapatkan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana didapatkan pengaruh positif dan signifikan metode bernyanyi terhadap penanaman nilai pendidikan agama Islam pada santri di Teras TPQ Daarul Armina Sukarami Kota Bengkulu. Hipotesis penelitian (Ha) pada penelitian ex-facto diterima yang artinya metode bernyanyi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penanaman nilai pendidikan agama Islam pada santri di Teras TPQ Daarul Armina Sukarami Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus19700514200031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi, Penanaman Nilai Pendidikan Agama.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:38
Last Modified: 23 Sep 2025 02:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year