PEMANFAATAN APLIKASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL MOBILE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH IDARIYAH: DI KLINIK BHAYANGKARA MEDIKA 02 BIDDOKKES POLDA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PRAYOGI, MARDIANTO (2025) PEMANFAATAN APLIKASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL MOBILE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH IDARIYAH: DI KLINIK BHAYANGKARA MEDIKA 02 BIDDOKKES POLDA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Tesis)
MARDIANTO PRAYOGI-2323760012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini membahas pemanfaatan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mobile dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dari perspektif Fiqih Siyasah Idariyah, dengan studi kasus di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (BIDDOKKES) Polda Bengkulu. Aplikasi JKN Mobile ialah inovasi layanan digital yang dikembangkan untuk mempercepat proses administrasi dan memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Namun, dalam implementasinya masih ditemukan kendala, seperti keterbatasan literasi digital, infrastruktur, dan sosialisasi pada rakyat. Studi ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Capaian studi mengungkapkan bahwasanya aplikasi JKN Mobile mampu mengoptimalkan efisiensi pelayanan, meminimalisir antrian pasien, serta mempercepat proses verifikasi dan rujukan medis. Namun, masih diperlukan upaya maksimal dalam sosialisasi dan pendampingan penggunaan aplikasi pada rakyat. Dari perspektif Fiqih Siyasah Idariyah, pemanfaatan aplikasi ini mencerminkan pengaplikasian prinsip al-‗adl (keadilan), al-maslahah (kemaslahatan), dan hifz alnafs (perlindungan jiwa), yang memfokuskan pentingnya pelayanan yang adil, bermanfaat, dan menyelamatkan jiwa. Temuan ini merekomendasikan perlunya peningkatan literasi digital, pelatihan tenaga medis, dan penguatan infrastruktur teknologi untuk mendukung pelayanan kesehatan berbasis nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorismail, Ismail197206112005011002UNSPECIFIED
Thesis advisorJalili, Ismail197406182009011004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: JKN Mobile; Kualitas Pelayanan Kesehatan; Fiqih Siyasah Idariyah; Polda Bengkulu; BIDDOKKES; Digitalisasi Layanan Kesehatan.
Subjects: Pascasarjana > Hukum Tata Negara
Divisions: Pascasarjana > Hukum Tata Negara (S2)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:13
Last Modified: 25 Sep 2025 04:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year