Ardila, Bela (2025) ANALISIS PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA DI MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
Bela Ardila_2111270056.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nur Rahma Kota Bengkulu. Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan dua komponen utama dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini guna membentuk kepribadian siswa yang tangguh dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS telah dirancang tidak hanya untuk mencapai tujuan kognitif, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter. Guru berperan aktif dalam membina kedisiplinan dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan, keteladanan, serta pemberian tugas yang menuntut keterlibatan aktif dan konsistensi. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi pendidikan karakter, seperti rendahnya kesadaran siswa, minimnya dukungan orang tua, serta pengaruh lingkungan dan media sosial yang kurang mendukung. Faktor pendukung keberhasilan guru antara lain adalah adanya dukungan kepala sekolah, program pembiasaan sekolah yang terstruktur, dan komitmen guru dalam menjalankan perannya sebagai pendidik karakter. Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti merekomendasikan upaya kolaboratif antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat guna menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pertumbuhan karakter siswa secara holistik. Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab tidak hanya tertanam di lingkungan sekolah, tetapi juga terbawa dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, IPS | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year