ANALISIS PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA DI MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Ardila, Bela (2025) ANALISIS PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA DI MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text (Skripsi)
Bela Ardila_2111270056.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTs Nur Rahma Kota Bengkulu. Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan dua komponen utama dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sejak dini guna membentuk kepribadian siswa yang tangguh dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPS telah dirancang tidak hanya untuk mencapai tujuan kognitif, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter. Guru berperan aktif dalam membina kedisiplinan dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan, keteladanan, serta pemberian tugas yang menuntut keterlibatan aktif dan konsistensi. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi pendidikan karakter, seperti rendahnya kesadaran siswa, minimnya dukungan orang tua, serta pengaruh lingkungan dan media sosial yang kurang mendukung. Faktor pendukung keberhasilan guru antara lain adalah adanya dukungan kepala sekolah, program pembiasaan sekolah yang terstruktur, dan komitmen guru dalam menjalankan perannya sebagai pendidik karakter. Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti merekomendasikan upaya kolaboratif antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat guna menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pertumbuhan karakter siswa secara holistik. Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab tidak hanya tertanam di lingkungan sekolah, tetapi juga terbawa dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:22
Last Modified: 29 Sep 2025 07:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year