PENGARUH TEKNIK TEMPRA FINGER PAINTING PADA PENCAMPURAN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK A TK HANG TUAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

INAYAH, SHEREN (2025) PENGARUH TEKNIK TEMPRA FINGER PAINTING PADA PENCAMPURAN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK A TK HANG TUAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text (Skripsi)
SHEREN INAYAH_2111250078.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase penting dalam proses perkembangan kognitif anak yang menjadi dasar bagi tahapan belajar selanjutnya. Anak usia 4–6 tahun pada umumnya sedang berada pada masa perkembangan pesat dalam kemampuan mengenal konsep, termasuk pengenalan dan pencampuran warna. Namun, dalam praktik pembelajaran masih sering ditemukan hambatan akibat kurangnya variasi metode yang kreatif dan menyenangkan. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah finger painting menggunakan cat tempra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik tempra finger painting terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam aspek pencampuran warna. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain observasi pada anak kelompok A TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar dan hasil karya anak sebelum serta sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak, meliputi: kemampuan mengenal warna dasar, keterampilan mencampurkan warna menjadi kombinasi baru, serta kemampuan menghasilkan karya seni sederhana sesuai instruksi. Aktivitas finger painting terbukti mampu memberikan stimulasi yang efektif, meningkatkan minat belajar, serta mengembangkan daya pikir logis, kreatif, dan keterampilan memecahkan masalah anak usia dini. Dengan demikian, teknik tempra finger painting layak dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran inovatif dalam PAUD. Penelitian ini juga merekomendasikan kepada guru dan orang tua agar lebih memanfaatkan media pembelajaran interaktif yang menyenangkan guna mengoptimalkan perkembangan kognitif anak sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012018UNSPECIFIED
Thesis advisorAndani, Fidhia1993033020220320002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tempra, Finger Painting, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:53
Last Modified: 29 Sep 2025 07:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year