INAYAH, SHEREN (2025) PENGARUH TEKNIK TEMPRA FINGER PAINTING PADA PENCAMPURAN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK A TK HANG TUAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SHEREN INAYAH_2111250078.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase penting dalam proses perkembangan kognitif anak yang menjadi dasar bagi tahapan belajar selanjutnya. Anak usia 4–6 tahun pada umumnya sedang berada pada masa perkembangan pesat dalam kemampuan mengenal konsep, termasuk pengenalan dan pencampuran warna. Namun, dalam praktik pembelajaran masih sering ditemukan hambatan akibat kurangnya variasi metode yang kreatif dan menyenangkan. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah finger painting menggunakan cat tempra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik tempra finger painting terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam aspek pencampuran warna. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain observasi pada anak kelompok A TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar dan hasil karya anak sebelum serta sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak, meliputi: kemampuan mengenal warna dasar, keterampilan mencampurkan warna menjadi kombinasi baru, serta kemampuan menghasilkan karya seni sederhana sesuai instruksi. Aktivitas finger painting terbukti mampu memberikan stimulasi yang efektif, meningkatkan minat belajar, serta mengembangkan daya pikir logis, kreatif, dan keterampilan memecahkan masalah anak usia dini. Dengan demikian, teknik tempra finger painting layak dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran inovatif dalam PAUD. Penelitian ini juga merekomendasikan kepada guru dan orang tua agar lebih memanfaatkan media pembelajaran interaktif yang menyenangkan guna mengoptimalkan perkembangan kognitif anak sejak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tempra, Finger Painting, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year