MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERCERITA FABEL DI TK HARAPAN BANGSA DESA JERANGLAH TINGGI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

VERONICA, LEDYA NUR (2025) MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERCERITA FABEL DI TK HARAPAN BANGSA DESA JERANGLAH TINGGI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Skripsi)
LEDYA NUR VERONICA_2011250005.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang di temukan di lapangan Bagaimana mengembangkan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel dan faktor penghambat dan pendukung mengembangkan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel di TK Harapan Bangsa Desa Jeranglah Tinggi Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bentuk perkembangan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel dan faktor penghambat dan pendukung mengembangkan metode pembelajaran bercerita fabel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data di dalam penelitian di dapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang di alami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa dalam mengembangkan sikap toleransi dapat dilakukan dengan bercerita fabel, dalam proses kegiatan bercerita dapat melibatkan cerita animasi dengan bantuan media dan ekspresi yang menarik perhatian anak, Proses interaksi anak dalam kegiatan bercerita membuat anak belajar mengembangkan sikap toleransi yaitu menghargai perbedaan dengan bersabar, mengembangkan sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat adanya perbedaan, melalui cerita fabel ini dapat mengembangkan kemampuan komunikasi, menghargai orang yang sedang berbicara dan faktor pendukung bahwa Penggunaan alat bantu seperti boneka tangan, atau video cerita fabel dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak, sehingga mereka lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran, adapun faktor penghambatnya yaitu seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan perbedaan kemampuan anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarni, Asniti197203122000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan,Sikap Toleransi, Cerita Fabel
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:58
Last Modified: 29 Sep 2025 07:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year