VERONICA, LEDYA NUR (2025) MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERCERITA FABEL DI TK HARAPAN BANGSA DESA JERANGLAH TINGGI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LEDYA NUR VERONICA_2011250005.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang di temukan di lapangan Bagaimana mengembangkan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel dan faktor penghambat dan pendukung mengembangkan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel di TK Harapan Bangsa Desa Jeranglah Tinggi Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bentuk perkembangan sikap toleransi melalui metode pembelajaran bercerita fabel dan faktor penghambat dan pendukung mengembangkan metode pembelajaran bercerita fabel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data di dalam penelitian di dapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang di alami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa dalam mengembangkan sikap toleransi dapat dilakukan dengan bercerita fabel, dalam proses kegiatan bercerita dapat melibatkan cerita animasi dengan bantuan media dan ekspresi yang menarik perhatian anak, Proses interaksi anak dalam kegiatan bercerita membuat anak belajar mengembangkan sikap toleransi yaitu menghargai perbedaan dengan bersabar, mengembangkan sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat adanya perbedaan, melalui cerita fabel ini dapat mengembangkan kemampuan komunikasi, menghargai orang yang sedang berbicara dan faktor pendukung bahwa Penggunaan alat bantu seperti boneka tangan, atau video cerita fabel dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak, sehingga mereka lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran, adapun faktor penghambatnya yaitu seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan perbedaan kemampuan anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mengembangkan,Sikap Toleransi, Cerita Fabel | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year