PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS 5 SDN 45 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SEPTIA, RAFIKA DEWI (2025) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS 5 SDN 45 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
RAFIKA DEWI SEPTIA_2323540005.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi. Populasi berjumlah 49 yakni siswa kelas 5 dan sampel 48 orang yakni kepala sekolah dan siswa kelas 5A dan 5B, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik analisis data meliputi uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji f, uji t serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu yang di buktikan dengan nilai t hitung 2.086 > t tabel 1.679 yang memiliki hubungan yang positif sebesar 0.141, dengan sumbangsi variabel kompetensi profesional terhadap prestasi belajar 86%. (2) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu yang di buktikan dengan nilai t hitung sebesar 2.272 > t tabel 1,679 yang memiliki hubungan yang positif sebesar 0.144 dengan sumbangsi variabel kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar sebesar 37.1 %. (3) Ada pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu, dengan nilai F hitung sebesar 129,582 > F tabel 3,20 dan nilai t hitung sebesar 13.074 > t tabel 1.679. Nilai koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,845 menunjukkan bahwa kedua variabel independen memberikan kontribusi sebesar 84,5% terhadap prestasi belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi, Desy Eka Citra197512102007102002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ompetensi Profesional Pedagogik, dan Prestasi Belajar
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:18
Last Modified: 30 Sep 2025 01:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year