SEPTIA, RAFIKA DEWI (2025) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS 5 SDN 45 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (759kB) | Preview |
|
![]() |
Text (TESIS)
RAFIKA DEWI SEPTIA_2323540005.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi. Populasi berjumlah 49 yakni siswa kelas 5 dan sampel 48 orang yakni kepala sekolah dan siswa kelas 5A dan 5B, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik analisis data meliputi uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji f, uji t serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu yang di buktikan dengan nilai t hitung 2.086 > t tabel 1.679 yang memiliki hubungan yang positif sebesar 0.141, dengan sumbangsi variabel kompetensi profesional terhadap prestasi belajar 86%. (2) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu yang di buktikan dengan nilai t hitung sebesar 2.272 > t tabel 1,679 yang memiliki hubungan yang positif sebesar 0.144 dengan sumbangsi variabel kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar sebesar 37.1 %. (3) Ada pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas 5 SDN 45 Kota Bengkulu, dengan nilai F hitung sebesar 129,582 > F tabel 3,20 dan nilai t hitung sebesar 13.074 > t tabel 1.679. Nilai koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,845 menunjukkan bahwa kedua variabel independen memberikan kontribusi sebesar 84,5% terhadap prestasi belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | ompetensi Profesional Pedagogik, dan Prestasi Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:18 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year