PENGARUH DIMENSI BERPIKIR TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA DI SDN 42 KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

HERMAKORI, ZENI (2025) PENGARUH DIMENSI BERPIKIR TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA DI SDN 42 KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ZENI HERMAKORI_2111240182.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi berpikir terhadap pendidikan karakter dalam mata pelajaran PPKN pada siswa di SDN 42 Kabupaten Seluma. Dimensi berpikir yang dikaji meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif, sedangkan pendidikan karakter yang diteliti mencakup nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, peduli sosial, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 42 Kabupaten Seluma, dengan sampel sebanyak 60 siswa yang ditentukan melalui teknik sampling purposive. Instrumen penelitian menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana menggunakan bantuan program SPSS versi terbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi berpikir berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan karakter siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang positif (b > 0) dan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, semakin baik dimensi berpikir yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula kualitas pendidikan karakter mereka dalam mata pelajaran PPKN. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif sangat penting dalam mendukung pembentukan pendidikan karakter siswa. Oleh karena itu, guru PPKN diharapkan dapat mengintegrasikan strategi pembelajaran yang mendorong pengembangan dimensi berpikir sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198803202023212038UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dimensi Berpikir, Pendidikan Karakter, PPKN, SDN 42 Kabupaten Seluma
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 30 Sep 2025 07:16
Last Modified: 30 Sep 2025 07:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year