EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VMIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SOLEHA, ANISA PUTRI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VMIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA PUTRI SOLEHA _2111210158.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar pada Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas V MIS Al-Islam Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembelajaran Aqidah Akhlak yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga berperan dalam pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kurikulum Merdeka yang diterapkan diharapkan mampu menjawab tantangan pembelajaran dengan memberikan ruang yang lebih luas bagi peserta didik untuk belajar secara aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis uji t, koefisien determinasi (R²), dan korelasi (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar (X) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak (Y), dengan nilai p-value sebesar 0,002 < 0,05. Nilai koefisien determinasi R² sebesar 0,49 mengindikasikan bahwa 49% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan modul ajar, sedangkan nilai koefisien korelasi R sebesar 0,48 menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara modul ajar dan hasil belajar Aqidah Akhlak. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa modul ajar berperan penting dalam meningkatkan pemahaman materi Aqidah Akhlak sekaligus menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual pada siswa. Modul ajar tidak hanya efektif dalam mendukung pencapaian hasil belajar, tetapi juga mampu membentuk karakter sesuai ajaran Islam. Dengan demikian, penggunaan modul ajar pada Kurikulum Merdeka terbukti memberikan kontribusi positif dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorJelita, Dian199401111420019032012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak, MI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:59
Last Modified: 01 Oct 2025 02:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year