SOLEHA, ANISA PUTRI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VMIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (604kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
ANISA PUTRI SOLEHA _2111210158.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar pada Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas V MIS Al-Islam Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembelajaran Aqidah Akhlak yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga berperan dalam pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kurikulum Merdeka yang diterapkan diharapkan mampu menjawab tantangan pembelajaran dengan memberikan ruang yang lebih luas bagi peserta didik untuk belajar secara aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis uji t, koefisien determinasi (R²), dan korelasi (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar (X) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak (Y), dengan nilai p-value sebesar 0,002 < 0,05. Nilai koefisien determinasi R² sebesar 0,49 mengindikasikan bahwa 49% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan modul ajar, sedangkan nilai koefisien korelasi R sebesar 0,48 menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara modul ajar dan hasil belajar Aqidah Akhlak. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa modul ajar berperan penting dalam meningkatkan pemahaman materi Aqidah Akhlak sekaligus menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual pada siswa. Modul ajar tidak hanya efektif dalam mendukung pencapaian hasil belajar, tetapi juga mampu membentuk karakter sesuai ajaran Islam. Dengan demikian, penggunaan modul ajar pada Kurikulum Merdeka terbukti memberikan kontribusi positif dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak, MI | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year