STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA DAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

KRISNAJAYA, BOGI (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA DAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 SELUMA. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
BOGI KRISNAJAYA-2323540001.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak dan kepedulian sosial siswa pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 Seluma dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak dan kepedulian sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia dan kepedulian sosial siswa pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 Seluma melalui pendekatan pembelajaran kognitif, pendekatan pembelajaran aktif, pendekatan keteladanan, pendekatan emosional dan sosial, pembiasaan, serta menjadi komunikator yang baik; 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia dan kepedulian sosial siswa, antara lain: a) Faktor pendukung seperti adanya berbagai kebijakan dan program madrasah yang mendukung dalam pembinaan akhlak dan kepedulian sosial siswa, dan adanya fasilitas madrasah yang cukup memadai yang dapat memastikan siswa tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembinaan tersebut; b) Faktor penghambat seperti kendala dari siswa sendiri yang seringkali tidak menjalankan apa yang telah diajarkan dan dibiasakan oleh guru di madrasah, dan kurang adanya keseimbangan tanggung jawab terhadap pendidikan anak antara lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Akhlak Mulia, Kepedulian Sosial
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 03 Oct 2025 04:34
Last Modified: 03 Oct 2025 04:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year