KRISNAJAYA, BOGI (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA DAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MIN 1 SELUMA. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) | Preview |
|
![]() |
Text (TESIS)
BOGI KRISNAJAYA-2323540001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak dan kepedulian sosial siswa pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 Seluma dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak dan kepedulian sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia dan kepedulian sosial siswa pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 Seluma melalui pendekatan pembelajaran kognitif, pendekatan pembelajaran aktif, pendekatan keteladanan, pendekatan emosional dan sosial, pembiasaan, serta menjadi komunikator yang baik; 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia dan kepedulian sosial siswa, antara lain: a) Faktor pendukung seperti adanya berbagai kebijakan dan program madrasah yang mendukung dalam pembinaan akhlak dan kepedulian sosial siswa, dan adanya fasilitas madrasah yang cukup memadai yang dapat memastikan siswa tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembinaan tersebut; b) Faktor penghambat seperti kendala dari siswa sendiri yang seringkali tidak menjalankan apa yang telah diajarkan dan dibiasakan oleh guru di madrasah, dan kurang adanya keseimbangan tanggung jawab terhadap pendidikan anak antara lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Akidah Akhlak, Akhlak Mulia, Kepedulian Sosial | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2025 04:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year