Problematika Dalam Penerapan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Mahad Al-Jamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Downloads

Downloads per month over past year

Sangputri, Alena (2025) Problematika Dalam Penerapan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Mahad Al-Jamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ALENA SANGPUTRI_211220022-compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan program pembelajaran bahasa arab di Ma'had Al Jami'ah ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan,dalam memberikan pengalaman dan pembelajaran bahasa arab dengan baik. Program pembelajaran bahasa arab yang di aksanakan di mahad al-jamiah ialah program nahwu dan program pemberian mufrodat. Penerapan program pembelajaran bahasa arab dilakukan di mahad putri. Adapun Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui, menganalisis, mengevaluasi dan mencari solusi dalam problematika penerapan program pembelajaran bahasa arab di mahad al jamiah. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan program di mahad al jamiah telah terlaksana dengan cukup baik meliputi nahwu shorof dan pemberian mufrodat yang banyak diikuti oleh mahasantri putri. Kemudian, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari program pembelajaran bahasa arab seperti dapat meningkatkan kepercayaan diri, menguatkan kemampuan dalam menulis, membaca, dan percakapan dasar bahasa arab, meningkatkan daya ingat, dan memperluas wawasan kosa kata sedangkan untuk kekurangan meliputi belum dilaksanakan nya program ini di Ma'had putra, latar belakang pendidikan mahasantri,rendahnya minat mahasantri, kurangnya pengulangan, problematika dalam penerapan program pembelajaran bahasa arab seperti kurangnya minat dan motivasi belajar mahasantri, metode yang kurang variatif, kurang nya tenaga pengajar Namun, untuk mengatasi permasalahan pada penelitian ini ada beberapa solusi yang diterapkan seperti menyesuaikan jadwal pembelajaran, mengelompokkan berdasarkan kemampuan menggunakan metode yang menyenangkan, penambahan tenaga pengajar dan menggunakan media yang variatif. Untuk itu, penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk pengembangan program pembelajaran bahasa arab khusus nya di Ma'had Al- Jami'ah agar mengembangkan kemampuan bahasa arab mahasantri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197805202007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorIlyas, M. Azizzullah198406072019031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Program pembelajaran, bahasa arab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:11
Last Modified: 07 Oct 2025 08:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year