Sangputri, Alena (2025) Problematika Dalam Penerapan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Mahad Al-Jamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
ALENA SANGPUTRI_211220022-compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penerapan program pembelajaran bahasa arab di Ma'had Al Jami'ah ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan,dalam memberikan pengalaman dan pembelajaran bahasa arab dengan baik. Program pembelajaran bahasa arab yang di aksanakan di mahad al-jamiah ialah program nahwu dan program pemberian mufrodat. Penerapan program pembelajaran bahasa arab dilakukan di mahad putri. Adapun Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui, menganalisis, mengevaluasi dan mencari solusi dalam problematika penerapan program pembelajaran bahasa arab di mahad al jamiah. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan program di mahad al jamiah telah terlaksana dengan cukup baik meliputi nahwu shorof dan pemberian mufrodat yang banyak diikuti oleh mahasantri putri. Kemudian, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari program pembelajaran bahasa arab seperti dapat meningkatkan kepercayaan diri, menguatkan kemampuan dalam menulis, membaca, dan percakapan dasar bahasa arab, meningkatkan daya ingat, dan memperluas wawasan kosa kata sedangkan untuk kekurangan meliputi belum dilaksanakan nya program ini di Ma'had putra, latar belakang pendidikan mahasantri,rendahnya minat mahasantri, kurangnya pengulangan, problematika dalam penerapan program pembelajaran bahasa arab seperti kurangnya minat dan motivasi belajar mahasantri, metode yang kurang variatif, kurang nya tenaga pengajar Namun, untuk mengatasi permasalahan pada penelitian ini ada beberapa solusi yang diterapkan seperti menyesuaikan jadwal pembelajaran, mengelompokkan berdasarkan kemampuan menggunakan metode yang menyenangkan, penambahan tenaga pengajar dan menggunakan media yang variatif. Untuk itu, penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk pengembangan program pembelajaran bahasa arab khusus nya di Ma'had Al- Jami'ah agar mengembangkan kemampuan bahasa arab mahasantri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Program pembelajaran, bahasa arab | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year