STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 75KOTA BENGKULU

Dwi Putri, Lisandra (2023) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 75KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Lisandra Dwi Putri (1911240002).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Guru Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 75 Kota Bengkulu”. Dilatarbelakangi oleh kendala yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran Matematika, diantaranya mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan mengenai Matematika yang dijelaskan oleh guru dan beberapa siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru, sehingga dibutuhkannya sebuah strategi yang bisa membuat siswa dapat memahami pembelajaran Matematika dan sekaligus melatih kemampuan berfikir kritis pada siswa. Oleh karena itu, peneliti penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam melatih kemampuan berfikir kritis siswa adalah dengan mengaitkan aktivitas belajar dengan situasi kehidupan nyata yang dialami siswa dengan bantuan media serta alat peraga pendukung pembelajaran, ditambah dengan memberikan materi beserta contoh-contoh soal cerita yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung terlaksananya strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa yakni adanya fasilitas sumber belajar atau sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar dan faktor penghambat strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa yaitu durasi belajar yang sedikit dan kurangnya dukungan orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612242003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M.Pd Pembimbing II : Masrifa Hidayani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:21
Last Modified: 30 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item