Dwi Putri, Lisandra (2023) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 75KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
Skripsi Lisandra Dwi Putri (1911240002).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Guru Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 75 Kota Bengkulu”. Dilatarbelakangi oleh kendala yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran Matematika, diantaranya mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan mengenai Matematika yang dijelaskan oleh guru dan beberapa siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru, sehingga dibutuhkannya sebuah strategi yang bisa membuat siswa dapat memahami pembelajaran Matematika dan sekaligus melatih kemampuan berfikir kritis pada siswa. Oleh karena itu, peneliti penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam melatih kemampuan berfikir kritis siswa adalah dengan mengaitkan aktivitas belajar dengan situasi kehidupan nyata yang dialami siswa dengan bantuan media serta alat peraga pendukung pembelajaran, ditambah dengan memberikan materi beserta contoh-contoh soal cerita yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung terlaksananya strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa yakni adanya fasilitas sumber belajar atau sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar dan faktor penghambat strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa yaitu durasi belajar yang sedikit dan kurangnya dukungan orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M.Pd Pembimbing II : Masrifa Hidayani, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
View Item |