PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU

Malinda, Richa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
halaman depan terbaru.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Richa Malinda-1911240113.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa Di Kelas V SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini ada 257 siswa dan yang menjadi sampel ada dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 22 sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode drill dan kelas VB berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol menngunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes soal, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VA yang diajarkan menggunakan metode drill lebih baik daripada kelas VB ymenggunakan metode konvensional di SD Negeri 56 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan metode drill yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 18 orang siswa (81%) mendapatkan nilai 84,3 sampai 98,7 sedangkan hasil belajar kelas VB yang menggunakan metode konvensional sebanyak 19 orang siswa mendapatkan nilai 75,62 – 92,98. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji F karena dkD pembilang 40 pada taraf 5% maka = 4,08. Berdasarkan perhitungan di atas, apabila dikonsultasikan dengan pada taraf signifikan 5% yaitu 4,08. Dengan demikian (12,214 > 4,08). Dari analisis tersebut diperoleh bahwa lebih besar dari . Sehingga kelas yang diajar menggunakan metode drill memiliki hasil belajar yang lebih baik sehingga mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang mudah dipahami oleh siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorSalama, Salama197305052000032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Khermarinah, M.Pd.I pembimbing 2: Salamah, SE, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar Siswa dan Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:22
Last Modified: 01 Sep 2023 01:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item