PENGEMBANGAN MEDIA BRAILLE SMART BOARD (BSB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA KELAS A DI RA MISBAKHUL KHAIR KOTA BENGKULU

Novia Karlina, Wenda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BRAILLE SMART BOARD (BSB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA KELAS A DI RA MISBAKHUL KHAIR KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Wenda Novia Karlina _1911250056.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Braille Smart Board (BSB) dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan di kelas A RA Misbahul Khair Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development), yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kevaliditasan, kepraktisan, dan keefektifan produk, menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) validasi media Braille Smart Board (BSB) telah dilakukan sebanyak dua kali, dengan hasil persentase dari penilaian yang dilakukan oleh para validator ahli, yaitu: pada saat validasi pertama total skor 24, nilai rata-rata 2,4, persentase penilaian 60% (kurang sesuai/kurang layak). Validasi kedua ahli total skor 38, nilai rata-rata 3,8, persentase penilaian 95% (sangat sesuai/sangat layak); (2) uji kepraktisan media Braille Smart Board (BSB) berupa angket respon guru, dengan total skor 35, nilai rata-rata 3,5,persentase penilaian 87,5% (sangat sesuai/ sangat layak); (3) Uji keefektivan media Braille Smart Board (BSB) dilakukan saat pembelajaran mengenal angka dengan jumlah anak sebanyak 11 orang. Sebelumnya, penulis melakukan pembelajaran hanya menggunakan majalah dan papan tulis (pretreatment), dengan total skor 253 dan nilai rata-rata 23. Sedangkan hasil total skor pengamatan pada saat post-treatment yaitu 367 dengan nilai ratarata 33,36. Adapun hasil pengujian secara kuantitatif dengan melakukan “uji r” dan “uji t” dengan hasil thitung > ttabel (11,78 > 2,086) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu media Braille Smart Board (BSB) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada kelas A di RA Misbakhul Khair kota Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan ini terbukti media Braille Smart Board (BSB) dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini, oleh karena itu dapat dibuat produk secara masal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorFatrica, Syafri198510202011012011UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husnul Bahri, M.Pd. Pembimbing II : Fatrica Syafri, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Braille Smart Board (BSB), Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:03
Last Modified: 01 Sep 2023 03:03
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item