EFENDI, TARZAN (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA SLBN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
COVER DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
TARZAN EFENDI 1611210237..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak penyandang Tunagaritha di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi anak penyandang Tunagaritha di Sekolah luar biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu untuk mengetahui hasil dari penggunaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tenknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triagulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian. Teknik analisis data melakukan analisis sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru PAI di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu: 1) Membiasakan memulai belajar membaca doa sebelum dan selesai pembelajaran. 2). Membiasakan siswa menghapal dan menulis ayat-ayat dan menjelaskan kandungan ayat tersebut secara berulang. 3) Membiasakan anak untuk sholat berjamaah baik itu sholat dhuha ataupun sholat zuhur. 4) Menerima Setoran-setoran hapalan anak-anak. Adapun Faktor penghambat dan pendukung yakni Terdapat tiga faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran pada peserta didik tunagaritha di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu pengamalan keagaman peserta didik yang sudah baik, tingkat pengetahuan peserta didik mengenai keagamaan yang sudah baik dan dukungan dari pihak sekolah kepada guru dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana. Untuk faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran pada peserta didik tunnetra di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu adalah psikologis peserta didik yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr.Kasmantoni,M.SI pembimbing II:Ahmad Walid,M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaram,Guru PAI, Anak Tunagaritha | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:04 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1178 |
Actions (login required)
View Item |