PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK UNTUK SISWA KELAS V SDN 4 KAUR

Handespah, Mario (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK UNTUK SISWA KELAS V SDN 4 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
MARIO_NIM 2111240215.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas V SDN 4 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan quasi experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent group posttest only Design. Desain penelitian yang digunakan dengan melakukan posttest kepada siswa kelas kontrol sebagai nilai ukur, kemudian melakukan posttest untuk kelas eksperimen untuk mengetahui perubahan kemampuan siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas V SDN 4 Kaur. Hasil penelitian terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis cerita pendek untuk siswa kelas V SDN 4 Kaur. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan antara hasil postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, Perbedaan dapat dibuktikan dari kemampuan menulis cerpen siswa di kelas V nilai mean kelas eksperimen sebesar 33,79 dan kelas kontrol sebesar 29,60, ada perbedaan ratarata kemampuan menulis cerpen sebesar 4,19 dalam materi menulis cerita pendek tema pengalamanku. Berdasarkan uji t, nilai thitung dalam penelitian adalah sebesar 2,971 dengan n = 57, sedangkan ttabel untuk n=57 adalah sebesar 1,671. Dengan demikian nilai thitung = 2,971 > ttabel = 1,671 berdasarkan data diatas maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHartiny, Rosma195609031980032001UNSPECIFIED
Thesis advisorDian Wahyuni, Beti200308101UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Rosma Hartiny, M.Pd Pembimbing II : Beti Dian Wahyuni, M.Pd.Mat
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kontekstual, kemampuan menulis cerita pendek
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:26
Last Modified: 05 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item