ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI SDN 3 KAUR

Purnama, Fenty (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI SDN 3 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (skripsi)
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi)
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi)
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
FENTY PURNAMA 1911240075.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan siswa dalam membaca permulaan di SDN 3 Kaur. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui lebih mendalam kesulitan membaca di kelas rendah SDN 3 Kaur 2) Untuk mengetahui lebih mendalam faktor yang menyebabkan kesulitan belajar membaca di kelas rendah SDN 3 Kaur 3) Untuk mengetahui lebih mendalam upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan di kelas rendah SDN 3 Kaur. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Kemudian akan dianalisis teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Bentuk kesulitan belajar membaca kelas rendah di SDN 3 Kaur yaitu belum mengenal huruf, belum bisa membaca kata (nya, nga, dan ngi), belum bisa membaca suku kata, dan belum bisa membaca kata demi kata. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam kesulitan belajar membaca kelas rendah di SDN 3 Kaur. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya rasa percaya diri, pengalaman membaca yang rendah, kurangnya motivasi pada siswa dalam membaca permulaan dan faktor pendukungnya yaitu memiliki kepercayaan diri yang baik, serta dukungan dan motivasi dari keluarga. 3) upaya guru guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca yaitu melatih kemampuan anak membaca setiap hari dan membuat bimbingan belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorputra, Erik Perdana0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1: Dr. Husnul Bahri, M.Pd pembimbing 2: Erik Perdana Putra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca Permulaan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:52
Last Modified: 05 Sep 2023 07:52
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item