PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN MUTU PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 64 KAUR

Fitriani, Nora (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN MUTU PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 64 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
NORA FITRIANI_NIM .1811240153.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peran kepala sekolah dalam manajemen mutu peserta didik adalah aktivitas kepala sekolah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, kepala sekolah harus mampu dalam mengelola proses manajemen dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan sampai pada tahap evaluasi hasil dari pembelajaran, untuk mencapai keberhasilan organisasi atau lembaga dalam mencapai tujuan dan berbagai sasaran serta kemampuannya dalam menghadapi berbagai tantangan, baik yang bersifat eksternal maupun internal melalui kebijakan-kebijakan, praktik-praktik di lapangan, hal ini dapat mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar dan peserta didik yang menerima pelajaran, sehingga dapat mencapai mutu pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang meliputi fakta-fakta dan permasalahan yang ada di lapangan, dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif di SD Negeri 64 Kaur, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, selama penelitian dianalis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1) Peran kepala sekolah dalam manajemen mutu dengan melaksanakan tugasnya dengan tepat yaitu menyusun perencanaan, mengorganisasikan kegiatan, mengarahkan kegiatan, melaksanakan pengawasan, serta melaksanakan pengelolaan manajemen dan mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instasi lain. 2) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu peserta didik di SDN 64 Kaur terdiri dari: gotong royong dan kekeluargaan, sosialisasi peningkatan kualitas pendidikan, dan harapan terhadap kualitas pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya jumlah buku paket atau lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik, dengan kondisi yang seperti ini mengakibatkan lambatnya upaya menambah wawasan peserta didik dan kurang kondusifnya proses pembelajaran. 3) Upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah SD Negeri 64 Kaur dalam meningkatkan manajamen mutu pendidikan yaitu dengan: Merumuskan visi untuk kemajuan akademik siswa, Menciptakan suasana sekolah yang sangat layak untuk pendidikan dan pembelajaran, Menanamkan sikap kepemimpinan terhadap seluruh guru, dan peserta didik, Meningkatkan pembelajaran, dan Mengelola seluruh staf akademik dan non-akademik untuk mengelola proses layanan akademik dan non-akademik dalam rangka mempercepat kemajuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul19700525000031003UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam2010088202UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Husnul Bahri, M.Pd Pembimbing II: Adam Nasution, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Manajemen, Mutu Peserta Didik
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:56
Last Modified: 06 Sep 2023 00:56
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item