PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL,DIGEEST, EXPAND DAN REVIEW) PADA MATERI PECAHAN, KPK DAN FPB DI KELAS IV SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

MARSANDA, EMA ANDRIANI (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL,DIGEEST, EXPAND DAN REVIEW) PADA MATERI PECAHAN, KPK DAN FPB DI KELAS IV SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI EMA ANDRIANI MARSANDA_1911280058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran matematika Modul Matematika berbasis Murder (mood, understand, recall,digeest, expand dan review) pada Materi Pecahan, KPK dan FPB di kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh 2 dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu. Uji kepraktisan dan uji keefektifan berjumlah 23 orang peserta didik dan 1 Guru matematika. Berdasarkan hasil penilaian produk dari validator ahli media dan materi maka diperoleh rata�rata 91,5% dalam kategori sangat valid. Pada lembar angket kepraktisan pendidik memperoleh skor sebesar 92% dalam kategori praktis dan pada lembar angket kepraktisan 23 orang peserta didik memperoleh skor rata-rata 82,5% dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil tes belajar peserta didik yang mendapatkan persentase ketuntasan 80%, maka pengembangan media pembelajaran matematika Modul Matematika berbasis Murder (mood, understand, recall,digeest, expand dan review) pada Materi Pecahan, KPK dan FPB di kelas IV SD/MI dapat dinyatakan efektif. Dari hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Modul Matematika berbasis Murder (mood, understand, recall,digeest, expand dan review) pada Materi Pecahan, KPK dan FPB di kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik SDN 52 Kota Bengkulu kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorKomala Sari, Resti2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Andang Sunarto, Ph.D pembimbing II:Resti Komala Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Matematika, Murder. SD/MI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:24
Last Modified: 06 Sep 2023 02:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item