PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS KELAS IX

MARLINA, IKMI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS KELAS IX. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKIRIPSI IKMI MARLINA_1911260038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis video animasi terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan minat belajar siswa MTS kelas IX . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Hidayatul Qomariyah Bengkulu dengan melibatkan 40 orang siswa dari kelas Sembilan dan dua guru mata pelajaran IPA. Sehingga langkah awal yang peneliti lakukan adalah menganalisis permasalahan dan menganalisis kebutuhan selanjutnya peneliti melakukan design produk media pembelajaran IPA berbasis video animasi mengunkan poowton dengan memasukan materi sistem reoroduksi manusia terintegrasi nilai-nilai keislaman, ditahap pengembangan produk di uji validasi oleh 3 dosen di Universitas Islam Negeri fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan1 dosen ahli bahasa, data dari perhitungan angket kelayakan dari validasi memperoleh nilai pesentase sebesar 99% dari validasri ahli materi, 90% dari ahli media dan 97,33% dari ahli bahasa dengan kategori sangat layak digunakan. Data untuk uji kepraktisan respon guru terhadap media video animasi yang peneliti kembangkan memperoleh nilai persentase sebesar 94% yang dikategorikan sangat praktis. Serta uji efektivitas yang dilakukan pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, pada uji coba skala kecil membagikan lembar pos-tes terhadap 10 orang siswa sehingga memperoleh nilai rata-rata sebesar 77 yang dikategorikan tuntas dari nilai KKM IPA yaitu 75 , dan uji efektivitas pada uji coba skala besar yang melibatkan 40 orang siswa yang dibagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memeperoleh nilai perbadingan rata-rata yang sangat signifikan yaitu 57 untuk kelas kontrol dan 81,5 untuk kelas eksperimen. sehingga pengunaan media pembelajaran IPA berbasis video animasi yang peneliti kembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno19610205200031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Drs.Sukarno, M.Pd pembimbing II:Erik Perdana Putra, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Materi Sistem Reproduksi Manusia, Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:30
Last Modified: 06 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item