Bismihayanur, Ambya
(2022)
Pengaruh Pengucapan Huruf
Arab Dengan Huruf Ltin Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di SD
Insan Kmil Islamic School Bengkulu.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
Abstract
Penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab di SD Insan Kamil,
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengucapan huruf arab dengan
huruf latin terhadap kemampuan membaca dan mengetahui kelebihan dan
kekurangan pembelajaran bahasa arab dengan huruf latin. Metode penelitian
ini kuantitatif dengan jenis penelitian ex post fakto. Populasi pada penelitian
ini dari kelas 3A yang berjumlah 18 siswa dan seluruhnya dijadikan sebagai
sampel. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran huruf arab dengan
huruf latin memiliki pedoman transliterasi, guru menuliskan kosa kata
dengan huruf latin kemudian membacakannya dengan baik, hanya saja
terdapat huruf yang sama dalam pelambangan. 2) terdapat pengaruh yang
signifikan antara pengucapan huruf arab dengan huruf latin terhadap
kemampuan membaca sebesar 0,024 pada uji F dengan nilai R = 0,530 pada
uji summary. Adapun presentase pengaruh kedua variabel dilihat dari RSquare = 0,281 atau 28,1% . 3) kelebihan
Actions (login required)
|
View Item |