ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KLS Vll DENGAN KURIKULUM MBKM (Studi Analisis Di Madrasah Salafiyah Wustho (MSW) Hidayatul Qomariyah Kelas Vll di Kota Bengkulu)

SEBTI, FAHNI (2023) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KLS Vll DENGAN KURIKULUM MBKM (Studi Analisis Di Madrasah Salafiyah Wustho (MSW) Hidayatul Qomariyah Kelas Vll di Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
COVER.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
FAHNI SEBTI_1911210072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks merupakan sarana dan media bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan kepribadiannya. Penyajian buku yang sesuai dapat mempengaruhi pemikiran dan kepribadian peserta didik menuju masa dewasa yang sehat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanan kriteria yang harus dipenuhi, kesesuaian isi buku serta kelebihan dan kekurangan buku PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis), pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian isi buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kls VII dengan Kurikulum MBKM (Studi Analisis di Madrasah Salafiyah Wustho (MSW) Hidayatul Qomariyah Kelas Vll Kota Bengkulu). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang disajikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kurikulum MBKM kelas VII untuk jenjang SMP/MTs secara umum menunjukkan kesesuaian dengan perspektif psikologi perkembangan dimensi spiritual, Sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Buku ini juga telah valid untuk digunakan karena penilaian validitas menunjukkan hasil yang layak untuk dipergunakan. Selanjutnya dalam akurasi teori yang disajikan belum diintegrasikan dengan ilmu pengetahuan lain, sehingga mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti masih terkesan berdiri sendiri. Kemudian dalam buku tersebut juga belum ada problem nyata yang terjadi di masyarakat yang bisa dijadikan acuan nyata untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno19610205200031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikma, Nurhikma198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Drs. Sukarno, M.Pd pembimbing II:Nurhikma, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Buku PAI dan Budi Pekeri
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:05
Last Modified: 06 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item