IMPLEMENTASI METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Wulandari, Suci (2023) IMPLEMENTASI METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811210151 SUCI WULANDARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dan pasti ada dalam setiap pendidikan. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan dambaan bagi setiap peserta didik. Selama ini, pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih dimaknai sebagian orang, merupakan mata pelajaran yang tidak digunakan dalam persaingan dunia kerja dan hanya berkaitan dengan permasalahan yang dari dulu hingga sekarang tidak berkembang. Kejenuhan yang dialami para peserta didik, sejatinya telah terjawab dalam kompleksitas kurikulum 2013. Namun, pada pelaksanaannya belum maksimal. Sebagai pendukung penerapan kurikulum 2013, edutainment sebagai suatu terapan yang memadukan antara pendidikan dengan hiburan agar pembelajaran menjadi menyenangkan serta mengena. Suasana pembelajaran yang demikian, dapat memicu efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Terdapat tiga aspek yang dibahas dalam penelitian ini yakni aspek humanizing the classroom, active learning, dan quantum teaching mulai dari penerapan, pelaksanaan, serta hasil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fielad research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data redukasi, perfikasi, penyajian data, dan kemudian kesimpulan. Sebelum data disimpulkan, dilakukan pula triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data hasil penelitian. xi Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, dalam ketiga aspek memiliki penerapan atau pelaksanaan tersendiri. Aspek humanizing the classroom berkaitan dengan dengan pengaturan ruang kelas dengan komunikasi yang baik. Aspek active learning berkenaan dengan penggunaan metode pembelajaran aktif sebagai penerapan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Aspek quantum teaching berupa pelaksanaan konsep TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, rayakan). Dari penerapan ketiga konsep tersebut, hasil pembelajaran berimbas aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik kearah yang lebih baik. Hal tersebut didukung dari input dan kondisi sekolah yang tergolong bonafit, hanya saja kendalanya adalah kondisi dan situasi yang terkadang tak terduga. Sebagai solusi, dilakukan pendalaman aspek humanizing the classroom dan komunikasi positif antar pelaksana program pendidikan di sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Edutainment, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, M.Pd19750722000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAryati, AzizaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Dr.Nurlaili, M.Pd selaku pembimbing 1 Dr.Aziza Aryati, M.Ag selaku pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Edutainment, PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:01
Last Modified: 09 Jun 2023 02:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item