HANDAYANI, PUSPA (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMPN 64 BENGKULU UTARA. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (809kB) | Preview |
|
Text
PUSPA HANDAYANI_NIM 2111540017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan akademik yang muncul ada dua yaitu: Bagaimana Analisis Model Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa di SMP N 64 Bengkulu Utara? Dan Apa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa di SMP N 64 Bengkulu Utara? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dkokumentasi. Hasil Penelitian sebagai berikut: Analisis Model Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa di SMP N 64 Bengkulu Utara yakni, a) menentukan nilai-nilai multikultural, yang terintegrasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, b) pengembangan silabus, pendidik menganalisis materi pelajaran dan memasukkan niali-nilai multikultural yang dianggap relevan dengan materi pelajaran ke dalam silabus tersebut, c) menjabarkan silabus ke dalam RPP dengan tetap mencantumkan nilai-nilai multikultural, d) menggunakan metode dan model pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran PAI yang berbasis nilai multikultural,.dan e) melakukan penilaian terhadap proses aktivitas belajar peserta didik, yang merupakan tindak lanjut pembelajaran yang telah dipelajari. Kendala apa saja yang dihadapi dihadapi guru dalam menerapkan model Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa di SMP N 64 Bengkulu Utara yaitu sebagai berikut: a) Banyaknya perbedaan karakter anak ,baik itu sifat atau kelakuan siswa siswi yang beragam. b) Pada saat siswa non muslim mengikuti pelajaran PAI di kelas kami sebagai guru PAI tidak bisa leluasa menyampaikan materi, terutama yang berkaitan dengan akidah dan akhlak, keyakinan takut siswa non muslim tersebut bisa tersinggung atau tidak enak perasaannya. c) Idealisme antar agama masing – masing menyebabkan kendala yang terjadi dalam menanamkan pendidikan berbasis multikultural, hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh siswa muslim antara siswa non muslim masih sering menyinggung dan mengejek satu sama lain. Kemudian siswa non muslim masih bergaul berdasarkan kelompok agamanya masing – masing. d) Faktor lingkungan yang beragam suku, budaya dan agama menyebabkan terjadinya kendala dalam menanamkan pendidikan yang berbasis multikultural.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Dr.H.Ali Akbarjono,S.Ag,S.Hum,M.Pdi Pembimbing 2: Dr.Moch Iqbal,M.Si | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran PAI, Multikultural, Karakter Toleransi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2023 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2023 04:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1799 |
Actions (login required)
View Item |