Gustiana Saputri, Delpi (2023) KONSEP AMANAH DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis dan Implikasinya dalam Konteks Modern). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (SKRIPSI)
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf Download (961kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
DELPI GUSTIANA SAPUTRI_NIM 1911210091.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: Konsep amanah dalam Pendidikan agama Islam. Implikasi Konsep Amanah dalam Pendidikan Islam di Era Modern. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran atau menjelaskan tentang konsep amanah dalam pendidikan agama Islam secara rinci dan mendetail. Penelitian Pustaka bertujuan untuk mengumpulkan data dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, makalah, dan artikel terkait konsep amanah dalam pendidikan agama Islam. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah Pendekatan konseptual dilakukan dengan melakukan analisis terhadap konsep amanah dalam pendidikan agama Islam dari sudut pandang konsep-konsep lain yang terkait, seperti konsep kepercayaan, tanggung jawab, dan kejujuran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa amanah adalah perintah Allah yang melekat pada diri manusia sebagai mukallaf yang wajib dilaksanakan dalam sendi-sendi kehidupan baik yang ada relevansinya sebagai hamba Allah (hak ilahi, hubungan vertikal), maupun sebagai makhluk sosial (hak adami, hubungan horizontal). Amanah merupakan salah satu sifat wajib bagi para rasul Allah dalam mengemban tugas sebagai penyampai risalah ilahiyah. Manusia sebagai pengikut para Rasul Allah tersebut wajib menjadikan Rasul Allah sebagai suri tauladan dalam setiap gerak langkah kehidupan termasuk di dalamnya memiliki sifat amanah bahwa konsep amanah dalam pendidikan Islam memiliki nilai-nilai yang relevan dan penting dalam konteks modern. Konsep amanah dapat membentuk karakter peserta didik yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran moral yang tinggi. Implikasi konsep amanah juga dapat diterapkan dalam pengelolaan institusi pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | pembimbing 1 : Wiwinda, M.Ag pembimbing 2 : Adi Saputra, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Amanah, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1824 |
Actions (login required)
View Item |