IMPLEMENTASI METODE IMLA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AL-QUR’AN KELAS X SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN

Sartika, Rani (2023) IMPLEMENTASI METODE IMLA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AL-QUR’AN KELAS X SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Rani Sartika NIM. 1911210107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk memecahkan problematika yang terjadi di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan, di sekolah ini masih terdapat beberapa siswa kesulitan dalam menulis Al-Quran, masih kesulitan menyambungkan huruf demi huruf, ayat demi ayat tanpa melihat Al-Quran, siswa kurang aktif dan kurang motivasi serta kurangnya pemahaman dalam menulis Al-Qur‟an. Dari permasalahan tesebut maka penanggulangannya dengan menerapkan metode Imla. Dengan tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bentuk implementasi metode imla berlangsung di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis Al-Qur‟an siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. (3) Untuk menganalisis implementasi metode imla dapat meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur‟an. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan, Jl. Kolonel Barlian, Dusun Ibul, Kelurahan Ibul, Kec. Kota Manna, Kab. Bengkulu Selatan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mekanik kesimpulan verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa. (1)Implementasi metode Imla merupakan metode yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar menulis Al�Qur‟an. Metode (2) Kemampuan menulis Al-Qur‟an siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan sudah banyak kemajuan dalam menulis Al-Qur‟an setelah diterapakan metode Imla. (3) Setelah diterapkan metode Imla nilai kemampuan siswa dan nilai siswa menjadi lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorRamedlon,, Ramedlon,19640227199103100UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Hj. Khairiah. M.Pd Pembimbing II:Drs. H. Ramedlon, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Imla, Kemampuan Menulis Al-Qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:27
Last Modified: 05 Oct 2023 01:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item