BASTIAN, M. HAMZA (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI SANTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS X MATA PELAJARAN ILMU HADIS DI MADRASAH ALIYAH 01 DARUSSALAM KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (869kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
M. HAMZA BASTIAN NIM. 1911210085.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat efikasi diri yang akan cenderung lebih percaya diri cenderung lebih percaya diri dan mampu menghadapi masalah yang sedang dialami dengan lebih baik serta akan termotivasi untuk belajar. Berdasarkan fakta dan fenomena di kelas X Madrasyah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang, terdapat beberapa permasalahan pembelajaran ilmu hadis, karena tidak semua santri memahami materi yang di ajarkan dengan baik. Materi dalam pelajaran ilmu hadis dianggap oleh sabagian santri sebagai mata pelajaran yang cukup rumit ditambah lagi dengan kendala penguasaan Bahasa Arab yang di gunakan dalam buku ajar. Khususnya santri kelas X yang pertama kali menerima pelajaran ilmu hadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh efikasi diri santri terhadap motivasi belajar ilmu hadist santri kelas X Madrasyah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu santri kelas X Madrasyah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang yang berjumlah 126 santri. Adapun total sampel penelitian ini adalah 56 santri yang diambil dengan teknik random sampling. Tekni ini digunakan dengan mengambil anggota dari populasi secara acak. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi antara efikasi diri terhadap motivasi belajar ilmu hadist santri kelas X Madrasyah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang. Berdasarkan hasil koefisien determinasi sebesar 31,36%, Analisis regresi sederhana, diperoleh persamaan regresinya Y = 35,27 + 0,5055X, dengan nilai t hitung = 5,64 dan t tabel = 2,005. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, maka hipotesis penelitian diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar ilmu hadist santri kelas X Madrasyah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Asmara Yunarmi, M.Ag, Pembimbing II:Dian Jelita, M.Pd, | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Efikasi Diri, Motivasi Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2169 |
Actions (login required)
View Item |