ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Okta Vionha, Dwifha (2023) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DWIFHA OKTA VIONHA _ 1911120074.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih dimana konsumen melakukan pembelian secara online , tentunya dalam aktivitas jual beli secara online terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan diantaranya konsumen dapat menghemat waktu dalam berbelanja sehingga lebih praktis dan fleksibel, memiliki banyak metode pembayaran sehingga konsumen lebih mudah untuk melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja. Sedangkan kekurangannya yaitu dalam berbelanja online yang dapat dialami oleh konsumen yaitu diantaranya pengiriman yang memakan waktu sehingga barang tidak langsung sampai ke tangan konsumen, tidak dapat mencoba produk seringkali mengakibatkan barang yang sudah kita pesan tidak sesuai dengan yang ada di iklan toko online. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perilaku mahasiswa dalam memutuskan transaksi jual beli secara online 2) Bagaimana perilaku perilaku mahasiswa dalam memutuskan transaksi jual beli secara online perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam memutuskan jual beli secara online dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. 2) Untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi syariah tentang transkasi jual beli secara online. Metode penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam memutuskan transaksi jual beli secara online karena dipengaruhi oleh faktor- faktor sebagai berikut faktor kebudayaan (budaya, sub-budaya, kelas sosial), faktor sosial yaitu kelompok acuan (pengaruh dari teman), faktor pribadi yaitu situasi ekonomi. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi dalam memutuskan transaksi jual beli secara online yaitu faktor pribadi yaitu usia, faktor sosial yaitu keluarga (orang tua), dan faktor psikologis yaitu sikap dan kepercayaan. Perilaku mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam memutuskan jual beli secara online perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Secara garis besar dapat disimpulkan masih dalam koridor wajar dan tidak melanggar prinsip-prinsip konsumsi dalam islam kemudian menyeimbangkan antara kebutuhan dan gaya hidup dan mahasiswa melakukan pembelian secara online sesuai kebutuhan dan tidak berlebih-lebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorJalili, Ismail197406182009011004UNSPECIFIED
Thesis advisorGiyarsi, Giyarsi199108222019032006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Ismail Jalili, S.Ag.,MA.,Ph.D Pembimbing II : Giyarsi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Konsumen, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:51
Last Modified: 16 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item