IMPLEMENTASI ASSESSMEN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 18 KOTA BENGKULU

Natalya, Lindya (2023) IMPLEMENTASI ASSESSMEN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (420kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
LINDYA NATALYA _ 1911270022.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implementasi Assessmen Kurikulum Merdeka yang meliputi Assessmen Formatif pada Mata Pelajaran IPS Kelas Vll di SMP N 18 Kota Bengkulu 2) Implementasi Assessmen kurikulum merdeka yang meliputi Assessmen Sumatif pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP N 18 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data untuk penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru ips kelas VII.1, guru IPS kelas VII.7 dan staf di SMP N 18 Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum Merdeka yang meliputi Assessmen Formatif pada Mata Pelajaran IPS Kelas Vll di SMP N 18 Kota Bengkulu bahwa Implementasi Assessmen Kurikulum Mardeka di SMP N 18 kota Bengkulu di mana telah ada penerapan implementasi Assessmen Kurikulum Formatif akan tetapi belum berjalan dengan baik karena ada beberapa yang tidak digunakan oleh guru seperti a. penggunaan teknik penilaian performa seperti: produk, proyek, portofolio), b. hasil dokumentasi seperti produk hasil belajar, jurnal refleksi, c. penggunaan instrumen yaitu rubrik, catatan anekdot, lembar ceklis. 2) Implementasi Assessmen Kurikulum Merdeka yang meliputi Assessmen Sumatif pada Mata Pelajaran IPS Kelas Vll di SMP N 18 Kota Bengkulu bahwa Implementasi Assessmen kurikulum Mardeka di SMP N 18 Kota Bengkulu di mana telah ada penerapan pelaksanaan Assessmen Sumatif Kurikulum Merdeka akan tetapi dalam hal penggunaan berbagai komponen yang ada dalam Assessmen Sumatif sama dengan Assessmen Formatif masih banyak kekurangan seperti penggunaan teknik performa, hasil dokumentasi, penggunaan instrumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorCitra, Desy Eka197512102007102002UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Desy Eka Citra, M,Pd Pembimbing 2: Dina Putri Juni Astuti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi Assessmen Kurikulum Merdeka, Formatif dan Sumatif, Mata Pelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: john hendri
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:28
Last Modified: 17 Oct 2023 08:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item