PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MEDIA KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI SUMBERREJO KAB. MUSI RAWAS

ARIYANTO, SAHRUL (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MEDIA KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI SUMBERREJO KAB. MUSI RAWAS. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SAHRUL ARIYANTO_1911270054.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat perjuangan sebagai bahan pembelajaran kepada peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media, serta mengetahui tingkat keperaktisan media melalui respon pendidik dan peserta didik setelah menggunakan komik perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat perjuangan sebagai bahan ajar IPS di kelas VIII B. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan enam langkah Sebagai berikut: 1) potensi masalah, 2) peengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: validasi angket ahli materi, ahli angket bahasa, ahli angket media I untuk mengetahui tingkat kelayakan media serta angket tanggapan penilaian pendidik dan peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media komik. Subjek dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri Sumberrejo. Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh desain berupa media komik perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat perjuangan sebagai bahan pembelajaran IPS untuk siswa kelas VIII SMP Negeri Sumberrejo memperoleh nilai kelayakan 3,90 oleh ahli Bahasa, 3,77 oleh ahli materi dan oleh ahli media 3,11. Respon pendidik terhadap keperaktisan media memperoleh nilai 4,0 dan respon peserta didik terhadap keperaktisan media memperoleh nilai 85%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorEka Citra, Desy1912102007102002UNSPECIFIED
Thesis advisorPutri Juni Astuti, Dina199006022019032010UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Desy Eka Citra, M. Pd PEMBIMBING II: Dina Putri Juni AstutiM. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Bahan Pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:40
Last Modified: 18 Oct 2023 07:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item