Syahpitri, Nina (2023) PENGARUH METODE BELAJAR ROLE PLAYING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK ISLAM AR-RAUDHAH KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
NINA SYAHPITRI_1911250104.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode belajar Role Playing terhadap perkembangan kogntif anak di Tk Islam Ar-Raudhah Kabupaten Seluma. Je l nis litian yang digul nakan adalah pe l ne l litian kul antitatif de l ngan rime l kspe l katan e l nde l pe l n dan desain quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak terdiri dari ke l las B1 15 rjul las B4 be l anak dan ke l ngarul Pe l ji Inde l ul mlah 15 anak. Sampel penelitian diambil menggunakan te l knik simple l randol m sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas B1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 anak dan kelas B4 sebagai kelas control berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan uji kualitas data melalui uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian inferensialdan uji hipotesis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa te l rdapat h Rol le l Playing Te l rhadap Pe l rke l mbangan Kol gnitif Anak di TK Islam Ar-Raul dhah Kabul pate l n Se l lul ma de l ngan hasil analisis l t-te l nt Sampe l nde l pe l st thitu l ng se l be l sar 9,580 le l bih be l sar dari ttabe l l se l be l sar 2.16037. Kare l na nilai thitu l ng > ttabe l l ataul nilai p < 0,05 maka dikatakan ada pe l rbe l daan rata-rata antara pe l rke l mbangan kol gnitif anak ul sia 5-6 tahul n ke l lol mpol k e l kspe l rime l n dan ke l lol mpol k ntrol kol rke l Pe l l. artinya ada Pe l ngarul h me l tol de l Rol le l Playing Te l rhadap mbangan Kol lul n Se l pate l Kabul gnitif Anak di TK Islam Ar-Raul dhah ma. Disamping itul hasil pe l ne l litian yang te l lah mbangan kol rke l i pe l tahul kan dike l liti lakul ne l pe l st te l pol gnitif anak pada hasil st dike l las e l kspe l rime l n yaitul BB se l banyak 1 siswa (7%), MB se l banyak 3 siswa (20%), BSH se l banyak 6 siswa (40%) dan x BSB se l nggul bahwa pe l banyak 5 siswa (33%). Hasil te l rse l bul t dapat disimpul lkan playing dapat me l mpe l ngarul hi le l rol de l tol naan me l mbangan kol rke l an pe l mampul ke l rta dapat me l dhah. Se l Raul gnitif anak di Tk Islam Ar ningkatkan ke l mampul an pe l rke l mbangan kol gnitif anak me l njadi le l bih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING I : Dr. Hj Asiyah, M.Pd s PEMBIMBING II : Bakhrul Ulum, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar Role Playing, Perkembangan Kognitif Anak | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2335 |
Actions (login required)
View Item |