PROGRAM LITERASI SEKOLAH PEMANFAATAN MADING YANG TERINTEGRASI MATERI PELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 202 BENGKULU UTARA

AVANDI, IBNU (2023) PROGRAM LITERASI SEKOLAH PEMANFAATAN MADING YANG TERINTEGRASI MATERI PELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 202 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
IBNU AVANDI_1911240103.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui program literasi sekolah pemanfaatan mading yang terintegrasi materi pelajaran dalam mengembangkan minat bacasiswa Kelas III SD Negeri 202 Bengkulu Utara. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program literasi sekolah pemanfaatan mading yang terintegrasi materi pelajaran dalam mengembangkan minat bacasiswa Kelas III SD Negeri 202 Bengkulu Utara. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Program literasi sekolah di SDN 202 Bengkulu Utara diimplementasikan melalui majalah dinding sekolah, selanjutnya melalui program literasi sekolah tersebut diintegrasikan melalui materi pelajaran Bahasa Indonesia seperti misalnya dalam pembuatan tugas siswa, contohnya seperti: tugas meringkas, menentukan pokok-pokok informasi dari artikel atau bahan bacaan, menuliskan apa saja ide pokok dalam bacaan, menyimpulkan isi dari artikel atau bacaan tersebut, contoh lainya seperti misalnya membuat cerpen, membuat puisi, membuat pantun, dan sebagainya, dimana penugasan tersebut tetap disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaram, dari pengimplementasian majalah dinding yang terintegrasi dengan materi pembelajaran tersebut sebagai bentuk untuk meningkatkan minat baca siswa yang sangat kurang. 2) Faktor pendukung dan penghambat program literasi sekolah pemanfaatan mading yang terintegrasi materi pelajaran dalam mengembangkan minat bacasiswa Kelas III SD Negeri 202 Bengkulu Utara . Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya minat siswa untuk berkunjung ke mading untuk program literasi sekolah pemanfaatan mading yang terintegrasi materi pelajaran dalam mengembangkan minat bacasiswa salah satu diantaranya: a) minimnya dana operasional pengelolaan mading sekolah. b) Terbatasnya tenaga pengelola mading yang mampu mengelola perpustkaan serta mengembangkannya sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru selanjutnya faktor keluarga serta lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000320004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Salamah, M.Pd Pembimbing II:Masrifa Hidayani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi, Mading, Minat Baca
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:23
Last Modified: 20 Oct 2023 07:56
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item