PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 04 SELUMA

Yerlanda, Wike Putri (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 04 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
WIKE PUTRI YERLANDA-1911240174.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan kurikulum Merdeka Belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN 04 Seluma. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian lapangan, dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Adapun informan dalam penelitian berjumlah 9 orang guru dan 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar di MIN 04 Seluma sudah dilaksanakan, terutama pada kelas tinggi (IV, V, dan VI) namun pelaksanaanya masih dilakukan secara bertahap. Setelah diterapkannya kurikulum merdeka terdapat beberapa peningkatan yang terjadi dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Dari aspek afektif seperti perilaku siswa, sopan santun siswa meningkat, dari segi psikomotor yakni keterampilan siswa dapat meningkat dengan baik, dan aspek kognitif seperti hasil belajar siswa, namun dari segi hasil belajar masih belum optimal, sehingga masih perlu untuk ditingkatkan lagi, upaya yang perlu dilakukan agar hasil belajar menjadi optimal yakni pihak kepala sekolah dan dewan guru selalu melakukan evaluasi pembelajaran setiap per semester. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka di MIN 04 Seluma antaranya adalah dukungan dari komite sekolah dan lembaga sekolah yang menyediakan sarana dan prasaranaa yang memadai, sehingga pembelajarann dapat dilaksanakan dengan maksimal. Beberapa faktor penghambat yang terdapat di MIN 04 Seluma adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, manajemen waktu yang masih kurang, dan skill atau kemampuan guru dalam membawa pembelajarann dengan menarik dan menyenangkan.Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan kurikulum Merdeka Belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MIN 04 Seluma. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian lapangan, dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Adapun informan dalam penelitian berjumlah 9 orang guru dan 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar di MIN 04 Seluma sudah dilaksanakan, terutama pada kelas tinggi (IV, V, dan VI) namun pelaksanaanya masih dilakukan secara bertahap. Setelah diterapkannya kurikulum merdeka terdapat beberapa peningkatan yang terjadi dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Dari aspek afektif seperti perilaku siswa, sopan santun siswa meningkat, dari segi psikomotor yakni keterampilan siswa dapat meningkat dengan baik, dan aspek kognitif seperti hasil belajar siswa, namun dari segi hasil belajar masih belum optimal, sehingga masih perlu untuk ditingkatkan lagi, upaya yang perlu dilakukan agar hasil belajar menjadi optimal yakni pihak kepala sekolah dan dewan guru selalu melakukan evaluasi pembelajaran setiap per semester. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka di MIN 04 Seluma antaranya adalah dukungan dari komite sekolah dan lembaga sekolah yang menyediakan sarana dan prasaranaa yang memadai, sehingga pembelajarann dapat dilaksanakan dengan maksimal. Beberapa faktor penghambat yang terdapat di MIN 04 Seluma adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, manajemen waktu yang masih kurang, dan skill atau kemampuan guru dalam membawa pembelajarann dengan menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorFitrianah, Rossi Delta198107272007102004UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1: Dr.Hj.Asiyah,M.Pd pembimbing 2:Rossi Delta Fitrianah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Merdeka Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:50
Last Modified: 24 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item