PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEN INTEGRATED READING COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NGERI 5 SELUMA

Desita, Dwi Rahma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEN INTEGRATED READING COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NGERI 5 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI DWI RAHMA DESITA_1811290039.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar Model Cooperative Integrated Reading Composition melalui Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Model penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental (eksperimen semu). Dengan populasi kelas VII 1, VII 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII3, VII4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitin ini observasi,dokumentasi,dan angket. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji validitas, dan Relibilitas,uji prasyara dan uji hipotesis. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 5 Seluma. Dilakukan dengan menggunakan uji t terhadap keterampilan menulis teks deskripsi diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,515 dan t-tabel sebesar 2,011 dengan nilai p sebesar 0,015. Karena nilai t-hitung>t-tabel atau nilai p<0,05 maka hipotesis Ha diterima karena ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 5 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Wenny Aulia2014068801UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Mus Mulyadi, S. Ag. M.Pd. Pembimbing 2: Wenny Aulia Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Integrated Reading Composition, Keterampilan Menulis Teks Deskripsi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:28
Last Modified: 27 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item