ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM BERKARYA SENI IMAJINATIF MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA SENI MENGGAMBAR DI KELAS II SD NEGERI 51 BENGKULU SELATAN

Nengsi, Ayu Marta (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM BERKARYA SENI IMAJINATIF MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA SENI MENGGAMBAR DI KELAS II SD NEGERI 51 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI AYU MARTA NENGSI NIM.1911240239.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran, kemampuan berkarya seni imajinatif siswa menggunakan bahan alam, kendala yang dialami guru dan siswa dalam membuat karya imajinatif menggunakan bahan alam pada seni menggambar di kelas II SD Negeri 51 Bengkulu Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dan kemudian dikaji dan dianalisis secara teoritis (library reseach). Hasil penelitian adalah pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, (1) Proses pembelajaran SBdP dimulai, guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berisikan materi, tujuan, metode, media, juga cara mengevaluasi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran SBdP telah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan dan tertulis dalam RPP, guru juga telah mempersiapkan metode pembelajaran apa yang akan digunakan saat mengajar materi dan media atau alat-alat apa saja yang dibutuhkan. Guru telah menyiapkan alat dan bahan untuk praktek SBdP. Pengamatan (observasi) pada proses pembelajaran dan memberikan soal tes dalam tema pembelajaran. Hasil belajar siswa dari hasil tes juga telah memenuhi KKM yang ingin dicapai saat pembelajaran. (2) Kemampuan berkarya seni imajinatif. Kemampuan berkarya seni imajinatif siswa dengan menggunakan bahan alam pada pembelajaran SBdP, seperti menggambar, mewarnai, dan membuat kolase sesuai dengan imajinatif siswa. Siswa menyukai pembelajaran SBdP yang dilakukan saat mewarnai dengan pewarna yang dibuat dari bahan alami, dan guru telah menyiapkan alat dan bahan untuk praktek SBdP. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan seni imajinatif siswa dalam pembelajaran SBdP, di antaranya dalam memilih bahan alam untuk karya dan terbatasnya waktu pembelajaran. Kesulitan mencari bahan alam yang bisa dibuat sebagai alat dan media pembelajaran, seperti warna yang dibuat dari bahan alami. Juga terkendala sedikitnya waktu dalam mengerjakan praktek SBdP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni19750204200032001UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019032009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Deni Febrini, M.Pd. Pembimbing 2: Intan Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berkarya Seni Imajinatif Menggunakan Bahan Alam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:24
Last Modified: 27 Nov 2023 03:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item