Evaluasi Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu

Kurniawan, Iwan (2023) Evaluasi Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu. PhD thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
IWAN KURNIAWAN. ZP_1911770001.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana evaluasi ranah afektif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan Mixed Method Research (MMR) yang menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, serta menerapkan desain konkuren triangulasi (Concurent Triangulation Design). Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setelah melakukan analisa data secara mandiri, kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi program SPSS versi 16.0, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ranah afektif di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bengkulu, telah dilakukan dengan proporsional, dan dilaksanakan dengan kombinasi antara sistem tatap muka, dan dalam jaringan dengan pola pembelajaran hybrid. Keberagaman latar belakang mahasiswa yang menjadi objek penelitian, dan terdiri dari belasan suku dan asal daerah yang berkumpul dalam satu tempat, dan waktu, telah melahirkan pola interaksi yang berbeda pula. Evaluasi ranah afektif pada penelitian kali ini tampak masih perlu di optimalkan dalam beberapa konteks, diantaranya terkait evaluasi materi Pendidikan Agama Islam, aturan interaksi mahasiswa, akses monitoring aktifitas mahasiswa, optimalisasi sarana, dan prasarana, laporan khusus aktifitas keagamaan mahasiswa, dan observasi sikap mahasiswa secara langsung, maupun tidak langsung

Item Type: Thesis (PhD)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSirajuddin, Sirajuddin196003071992021001UNSPECIFIED
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. H. Sirajuddin. M., M.Ag., M.H. Co-Promotor: Prof. Dr. Ahmad Suradi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Ranah Afektif, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:25
Last Modified: 05 Jul 2024 02:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item