STRATEGI DAKWAH FELIX SIAUW MELALUI TIKTOK

Pratama, M. Rusdi Dwinky (2024) STRATEGI DAKWAH FELIX SIAUW MELALUI TIKTOK. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
M. RUSDI DWINKY PRATAMA. 17113110008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran media sosial dapat menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pengembangan dakwah. Hal ini karena kegiatan dakwah dapat menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam ke seluruh dunia dan dapat mengubah kehidupan manusia ke arah yang lebih baik dan sejalan dengan ajaran Islam. Aplikasi Tik Tok merupakan sebuah aplikasi yang memberikan efek spesial yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi ini dengan mudah untuk membuat video pendek yang keren dan bisa menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Dakwah di Tik Tok menggunakan video yang menarik, konsisten dan memperhatikan kreativitas agar dakwah tidak monoton dan membosankan. Akun @felix.siauw adalah salah satu akun yang menyebarkan konten dakwah melalui Tik Tok. Melalui akun tersebut ustadz felix menawarkan dakwah yang menarik bagi pengguna media sosial. Pengikut dan khalayak akun @felix.siauw merupakan anggota dan komunitas virtual tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) iStrategi iDakwahi iCeramah iFelix iSiauw iMelalui iTik iTok. (2) Efektivitas dakwah yang disampaikan akun @felix.siauw melalui media Tik Tok terhadap masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi dakwah yang digunakan ustadz Felix yaitu dakwah bil lisan, dakwah bil qalam, dan dakwah bil hal. Akun @felix.siauw membawakan konten dengan bahasa gaul dan mudah dipahami oleh khalayak, membawakan tema yang menarik, serta diselingi dengan humor dan gaya berpakaian yang modern seperti generasi muda saat ini berhasil menarik penonton untuk terus menonton konten akun @felix.siauw. (2)Faktor-faktor yang membuktikan efektivitas dakwah pada akun @felix.siauw yakni pertama, dapat dilihat dari tingginya viewers pada akun @felix.siauw, hal ini menunjukkan bahwa dakwah yang disampaikan oleh ustadz felix menarik minat khalayak untuk selalu didengarkan dan membantu menjawab persoalan-persoalan yang sedang diresahkan oleh masyarakat. Kedua, banyaknya jumlah komentar pada akun @felix.siauw juga dapat membuktikan, jika terdapat feedback dari mad’u pada proses dakwah yang dilakukan oleh ustadz felix.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHadikusuma, Wira198601012011011012UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Pebri Prandika198902032019031003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Wira Hadikusuma, M.Si Pembimbing II: Pebri Prandika Putra, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Media, Strategi Dakwah, Tik Tok
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:52
Last Modified: 10 Jul 2024 04:52
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item