Putri, Wennyta Pratama (2024) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER REBANA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN KERJASAMA SISWA DI MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) |
|
Text
WENNYTA PRATAMA PUTRI_2011240028.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ekstrakurikuler rebana merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MIN 2 Kota Bengkulu yang digunakan sebagai wahana pendidikan karakter. Ekstrakurikuler rebana adalah salah satu jenis kegiatan dibidang kesenian musik Islami yang menggunakan alat-alat musik tradisional. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di Kota Bengkulu memberikan pendidikan karakternya menggunakan berbagai cara. Salah satunya dengan posterisasi pesan-pesan moral yang ditempel di dinding dinding sekolah. Selain itu pendidikan karakter di MIN 2 Kota Bengkulu ditanamkan melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dari sudut pandang pelakunya. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari informan yang terkait dalam penelitian, selanjutnya dokumen atau sumber tertulis lainnya merupakan data tambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Studi kasus ini peneliti arahkan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter melalui program ekstrakurikuler di MIN 2 Kota bengkulu.Implementasi nilai karakter disiplin yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler rebana di MIN 2 Kota Bengkulu yaitu tepat waktu, disiplin dalam beribadah serta disiplin dalam mengambil dan mengembalikan alat-alat rebana. Implementasi nilai karakter kerjasama yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler rebana di MIN 2 Kota Bengkulu yaitu memberikan sebuah praktek yang langsung dilakukan oleh siswa sendiri, interaksi sosial siswa yang vi baik dan siswa terlihat kompak. Faktor pendukung penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler rebana yaitu kesadaran dan motivasi siswa, sarana dan prasarana yang lengkap dan memadahi, serta adanya dukungan dari orangtua siswa. Faktor penghambat penanaman karakter disiplin dan kerjasama melalui ekstrakurikuler rebana yaitu masih ada siswa yang kurang fokus ketika diberikan arahan oleh guru pembina saat mengikuti kegiatan latihan rebana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Khermarinah, M. Pd.I Pembimbing II: Randi, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler Rebana, Karakter Disiplin Dan Kerjasama | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2803 |
Actions (login required)
View Item |