PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA MENCAPAI FASE D

Patrichia, Vika (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA MENCAPAI FASE D. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
VIKA PATRICHIA_2011280005.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar yaitu modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi penyajian data untuk siswa SMPN 6 Kota Bengkulu yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini telah divalidasi oleh 4 ahli ( 2 ahli materi dan 1 ahli media, serta 1 ahli dan soal ), dan telah di uji cobakan kepada siswa kelas VII B SMPN 6 Kota Bengkulu untuk mengetahui nilai praktis dan efektif produk. Adapun prosedur penelitian pengembangan modul ajar ini menggunakan model desain pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, media, soal, dan angket respon siswa. Setelah itu, data dianalisis menggunakan kriteria uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Dari hasil penelitian beberapa tahap validasi ahli yang diperoleh skor rata-rata 82% dari ahli materi 1, 80% dari ahli materi 2 76%, ahli media 84%, ahli soal diperoleh 90% yang semuanya dinyatakan valid. Tahap uji kepraktisan yang diperoleh hasil dari respon peserta didik nilai rata-rata sebesar 86% dengan kriteria ― sangat praktis‖. Uji coba efektifitas dan memperoleh hasil sebesar 80% dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan modul ajar yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Buyung Surahman, M.Pd Pembimbing II: Resti Komala Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Berdiferensiasi, Penyajian Data, Fase D
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:30
Last Modified: 12 Jul 2024 03:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item